Dosen UMS Rappang Melakukan Pemberdayaan BUMDES Dengan Teknologi Informasi Di Desa Sipodeceng

Dosen UMS Rappang Melakukan Pemberdayaan BUMDES Dengan Teknologi Informasi Di Desa Sipodeceng

TIM PKM UMS RAPPANG SUKSES DALAM PEMBERDAYAAN BUMDES DIMASA PANDEMI COVID 19 PADA PROGRAM KEMENDIKBUD RISTEK

Tim Pendamping Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang (UMS Rappang) pada Program Kemitraan Masyarakat (PKM) 2021 Kemendikbud Ristek akan mempresentasikan hasil Pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa Dengan Teknologi Informasi Dimasa Pandemi Covid-19  Dalam Pelayanan Publik Yang Less Contact Di Desa Sipodeceng Kabupaten Sidenreng Rappang pada Seminar Nasional Paedagoria dengan tema “Roadmap Penelitian & Pengabdian Masyarakat Pasca COVID-19 Menuju Indonesia Berkemajuan” yang akan dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Mataram via Zoom pada Senin, 13 September 2021.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Tim Pendamping Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang (UMS Rappang) pada Program Kemitraan Masyarakat (PKM) 2021 Kemendikbud Ristek Bapak Ahmad Mustanir, S.I.P., M.Si didampingi oleh Bapak Dr (c) Ir. Muhammad Rais Rahmat Razak, M.Si dan Bapak Aksal Mursalat, SP., M.Si. Pada Senin, 18 Agustus 2021.

Bapak Ahmad Mustanir yang juga merupakan seorang kandidat Doktor dari UNM ini mengatakan bahwa kesuksesan dalam Pemberdayaan ‘Bumdes Padaidi’ Dimasa Pandemi Covid 19 Pada Program Kemendikbud Ristek setelah melewati beberapa tahapan kegiatan seperti kegiatan observasi lapangan dengan melihat permasalahan dan potensi pada kelompok mitra dan desa tanggal 5 Juni 2021. Selain itu dilakukan silaturahmi dengan stake holder terkait tanggal 6 Juni 2021 dengan undangan dari Kepala Desa, dihadiri pengurus Bumdes dan Kepala Desa Sipodeceng bertempat di Balai Pertemuan Kantor Desa Sipodeceng.

Kegiatan lain yang dilakukan oleh tim pendamping adalah Sosialisasi kegiatan pemberdayaan tanggal 8 Juni 2021 di Balai Pertemuan Kantor Desa Sipodeceng yang bertujuan agar seluruh stakeholder memahami maksud dan tujuan pelaksanaan pemberdayaan Bumdes ini. Tim pendamping juga melaksanakan Penyuluhan dan Pendampingan tentang administrasi dan manajemen organisasi Bumdes yang dilaksanakan tanggal 19 Juni 2021 di Balai Pertemuan Kantor Desa Sipodeceng. Sedangkan pendampingan dilaksanakan tanggal 23 Juni 2021 dan 30 Juni 2021. 

Tidak hanya itu masih menurut Bapak Ahmad Mustanir tahapan kegiatan lain adalah Workshop dan pendampingan tata kelola Bumdes dengan metode Participatory Rural Appraisal (PRA) untuk mengetahui potensi dan permasalahan yang ada di desa yang dilaksanakan tanggal 10 Juli 2021 bertempat di Balai Pertemuan Kantor Desa Sipodeceng. Sedangkan pelaksanaan pendampingan dari kegiatan ini dilaksanakan sebanyak 2 (dua) kali yaitu tanggal 13 Juli 2021 dan 23 Juli 2021.

Lebih jauh menurut Kepala Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat UMS Rappang ini Tim mereka juga melibatkan beberapa mahasiswa dalam melaksanakan seluruh tahapan termasuk melaksanakan Pelatihan dan pendampingan penggunaan teknologi informasi bagi kelompok mitra Bumdes Padaidi khususnya penggunaan Aplikasi SIBERAS dan BUMDES Store. Aplikasi inilah yang dapat dipergunakan untuk penginputan produk dan pemasaran produksi yang menggunakan teknologi informasi (e-commerce) serta pelayanan publik yang less contact. Tidak lupa Tim Pendamping juga menyerahkan bantuan untuk penyewaan hosting selama 1 tahun kedepan bagi Bumdes Padaidi.

“Insya Allah, kegiatan ini akan kami presentasikan pada seminar nasional di Mataram tersebut dan dapat dipublikasikan di Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 3” tuturnya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url