Dosen FAST UMS Rappang lakukan Sosialisasi dan Penyuluhan Aeroponik Dalam Mewujudkan Kemandirian Pangan di LKSA Sejati Muhammadiyah Rappang


Dosen FAST UMS Rappang pada Program HIBAH RISETMU BATCH VI skema pengabdian kepada masyarakat 2022 melalui sumber pendanaan dari Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian Dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah Tahun Anggaran 2022 telah melaksanakan Sosialisasi dan Penyuluhan Aeroponik dengan tema Mewujudkan Kemandirian Pangan di LKSA Sejati Muhammadiyah Rappang. 

Pemenuhan pangan anak panti asuhan Sejati Muhammadiyah Rappang khususnya sayuran, dapat dilakukan dengan memanfaatkan lahan yang tersedia di panti tersebut. 

Mewujudkan anak-anak yang mandiri dan bekualitas adalah kewajiban semua pihak terkhusus lembaga pendidikan pada semua level termasuk Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang. 

Sinergitas antara lembaga diyakini mampu mengakselerasi perkembangan guna meningkatkan keterampilan anak panti asuhan Sejati Muhammadiyah Rappang dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka terutama sayuran melalui metode aeroponik.

Salah satu bentuk upaya yang dilakukan untuk hal tersebut adalah Sosialisasi dan Penyuluhan  Aeroponik Dalam Mewujudkan Kemandirian Pangan yang dilaksanakan oleh TIM Dosen Fakultas Sains dan Teknologi. 


Aksal Muralat, SP., M.Si selaku ketua TIM penerima Hibah Riset Muhammadiyah mengatakan bahwa kegiatan ini adalah bentuk kepedulian perguruan tinggi dalam mengasah soft skill maupun hard skill anak-anak panti asuhan di era modern ini dalam mendapatkan informasi dibidang pertanian melalui metode aeroponik. 

Selain itu, anak panti juga dibekali keterampilan pada bidang pertanian sebagai salah satu kompetensi menjadi wirausaha pertanian sebagai penyedia pangan yang dimulai dari hulu sampai hilir yang mendukung dalam pemenuhan pangan.

Pada kesempatan yang sama Trisnawaty AR, S.P., M.Si sebagai anggota tim pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa dalam memanfaatkan lahan pekarangan sebagai tempat untuk budidaya tanaman menggunakan metode aeroponik sangat bermanfaat pada peningkatan ketahanan pangan.

Kegiatan ini disambut baik oleh Bapak Dr. Ir. Muhammad Rais Rahmat Razak, M.Si sebagai Ketua Yayasan LKSA Sejati Muhammadyah Rappang. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim untuk meningkatkan soft skill dan hard skill anak panti dalam mendapatkan informasi dibidang pertanian melalui metode aeroponik sekaligus menjadi wirausaha pertanian.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url